Minggu, 18 April 2010

Kasus 2 : Pemasaran

JURNAL REVIEWS
“Kegagalan-Kemajuan Sony Corporation”




Mata Kuliah :
Manajemen Pemasaran
Dosen :
Muhammad Yunanto, SE., MM
Disusun Oleh :
Nama : Vita Widiya
NPM : 11208266
Kelas : 2EA03
Universitas Gunadarma
Fakultas Ekonomi
ATA 2009/2010

Tentang isi artikel

Latar Belakang
Sony berdiri pada th 1946 sebagai “ Tokyo Tshushin Kogyo”, kemudian mengubah namanya menjadi Sony Corporation pada th 1958. Sony corporation berusaha menciptakan produk- produk inovatif yang memiliki daya tarik komersial. Untuk mencapai tujuan ini, para insinyur Sony diberi otoritas dalam pengambilan keputusan secara luas.

Pemahaman bahwa melalui riset dan pengembangan produk- produk yang istimewa, perusahaan itu akan mungkin menawarkan bentuk- bentuk gaya hidup dan kenikmatan yang baru.

Untuk pertama kalinya Sony Walkman dapat meraih kesuksesan di pasar jepang yaitu sebuah kombinasi produk pemutar kaset kecil playback dan hanphone ringan, produk itu langsung sukses besar. Adapun satu kegagalan Sony yang disignifikan terjadi pada th 1980-an.
Dalam manajemannya Sony merasa era broadband yang akan datang memiliki peluang bisnis yang sangat banyak. Sony percaya pada penciptaan komunitas- komunitas dimana gerbang- gerbang perangkat keras dan layanan terhubung dengan lancar.

Kontribusi Penelitian :
a. Untuk mengetahui penciptaan produk- produk inovatif yang dihasilkan oleh Sony Corporation.
b. Untuk mengetahui kompetitor bisnis internasional dan perubahan manajemen Sony group.

Tanggapan dan kritik terhadap artikel :
1) Artikel ini membahas tentang pasang surut perkembangan kemajuan dari produk- produk Sony yang dilahirkan oleh perusahaan Sony.

2) Pembahasan penelitian menghasilkan antara lain:
a. Sony merupakan salah satu perusahaan Jepang pertama yang membuka kantor di Amerika Serikat dan salah satu yang pertama me-list-kan sahamnya di New York Stock Exchange.
b. Kesuksesan dan kegagalan produk Sony merupakan contoh produk Sony luar biasa seperti : Walkman dan Video Cassette Recorder Betamax. Kendati secara umum Betamax dianggap secara teknis lebih unggul, namun justru format VHS- lah yang menjadi standar industri dan Sony kehilangan posisi terdepannya dalam pasar VCR.
c. Sony terus menjadi kompetitor yang kuat dalam arena bisnis internasional. Sony memfokuskan pada penyediaan kualitas yang baik dengan harga rendah berserta perangkat lunak yang tidak hanya dikembangkan secara internal oleh Sony namun oleh para pengembang pihak ketiga dengan licensing fee yang murah.
d. Dalam perubahan manajemannya Sony merasa era broadband yang akan datang memiliki peluang bisnis yang sangat banyak. Jaringan ini menjanjikan pemanfaatan jumlah data yang sangat besar yang akan meliha gambar- gambar dan musik untuk dikirimkan melalui infrastruktur komunikasi berkecepatan tinggi.

3). Kritik dan munculnya peluang pengembangan penelitian :
a. Judul yang diangkat dalam artikel ini kurang tepat, sebaiknya judul itu dapat diubah menjadi “Kegagalan-Kemajuan Sony Corporation”
b. Tujuan dan pembahasan dalam kasus ini yaitu agar Sony lebih merata dalam mengeluarkan macam produknya sehingga scara umum kebutuhan konsumen dapat terpenuhi.
c. Dalam perubahan manajemennya, Sony seharusnya mengembangkan jaringan pemasarannya ke pasar- pasar domestik maupun internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar