Minggu, 18 April 2010

Kasus 1 : Pemasaran

JURNAL REVIEWS
Meroketnya Nokia Di Dunia Ponsel



Mata Kuliah :
Manajemen Pemasaran
Dosen :
Muhammad Yunanto, SE., MM
Disusun Oleh :
Nama : Vita Widiya
NPM : 11208266
Kelas : 2EA03
Universitas Gunadarma
Fakultas Ekonomi
ATA 2009/2010

Tentan isi artikel

Latar Belakang
Di Era informasi sekarang ini, alat komunikasi tidak lagi dikategorikan sebagai barang mewah. Hal ini terbukti dari meningkatnya jumlah pelanggan telepon seluler di indonesia. Kehadiran alat pencet- pencet ini disambut positif bagi usahawan karena beberapa hal diantaranya: informasi menjadi sumber penting dalam menciptakan value perusahaan, two and direct communication juga semakin aktif,dapat menjadi sarana efektif dan efisien dalam dunia pemasaran.

Dalam hal pasar seluler nokia tetap memimpin pasar. Sistem distribusinya yang memumpuni belum tersaingi. Jenis ponsel ini banyak diminati konsumen karena didukung dengan keunggulan- keunggulan yang semakin canggih . Peningkatan kualitas produk banyak dijadikan isu pokok dalam bersaing, dan nyatanya dapat meningkatkan performance- nya dalam bisnis seluler.

Target pasar dikejar upaya upaya untuk menempatkan keunikan, keistimewaan , kecanggihan dan keunggulan produk, sehingga bagi konsumen produk itu memiliki arti yang sangat penting bagi mereka.

Media periklanan yang digunakan yaitu, media surat kabar , siaran TV, majalah dll.Ada empat alternatif media advertising yaaang sedang diteliti, yaitu :
1. Memasang iklan pada surat kabar lokal dengan biaya sebesar Rp. 350.000,00 per iklan dan diharapkan dapat menjangkau 800 konsumen potensial.
2. Membeli siaran TV lokal dengan biaya 30 detik sebesar Rp. 1.500.000,00 dan dapat menjangkau 7000 konsumen potensial.
3. Memasang iklan pada majalah dengan biaya Rp. 1.000.000,00 per edisi dan dapat menjangkau 9.500 konsumen potensial.
4. Mendistribusikan contoh produk secara gratis dengan biaya sebesar Rp. 100.000,00/ peti berisi 200 unit HP, dan menjangkau 350 konsumen potensial.

Kontribusi Penelitian :
a. Untuk mengetahui perkembangan ponsel dalam dunia pemasaran.
b. Untuk mengetahui pemasaran produk nokia dibandingkan dengan merek ponsel lainnya.
c. Untuk mengetahiu seberapa jauh kepuasan pelanggan dan loyalitas konsumen terhadap produ nokia.

Tanggapan dan kritik terhadap artikel:
1. Artikel ini fokus pada pendeskripsian tentang meningkatnya jumlah pelanggan telepon seluler pada saat ini. Peningkatan kualitas produk banyak dijadikan isu pokok dalam bersaing serta dapat meningkatkan performance dalam bisnis.

2. Pembahasan penelitian menghasilkan antara lain:
a. Alat komunikasi sekarang ini tidak lagi dikategorikan sebagai barang mewah . Terbukti dari meningkatnya jumlah pelanggan telepon seluler di Indonesia. Dalam hal ini kehadiran ponsel dapat menjadi sarana efektif dan efisien dalam dunia pemasaran. Kemajuan teknologi yang semakin canggih juga banyak menghasilkan merek- merek ponsel bermunculan di dunia seluler disertai dengan keunggulan- keunggulan yang semakin canggih seperti salah satunya NOKIA.
b. Target pasar dari produk nokia ini adalah denan pembedaan (differensiasi), dapat dilihat dari sisi produk itu sendiri. Nokia selalu memberikan kemudaha pada konsumen bila terdapat masalah- masalah seperti dalam pelayanan dalam purna jual/ after sale, konsumen dapat datang ke GRAHA NOKIA. Perassingan pasar yang kian ketat, masing- masing pihak sudah mempersiapkan senjata pamungkas, desain, kualitas produk yang dirancang sedemikian rupa dengan harapan agar konsumen bisa lebih loyal.
c. Dalam hal ini, iklan sangatlah efektif dalam mempengaruhi minat para konsumen sehingga para konsumen mempunyai keinginan untuk membeli produk yang ditawarkan. Media periklanan merupakan salah satu alternatif untuk mempromosikan produk yang akan dipasarkan seperti contoh: media surat kabar, majalah, dan siaran TV.

3. Kritik dan munculnya peluang pengembangan penelitian
a. Judul yang diangkat dalam kasus Raja Pencet- Pencet Tak Mau Geser ini kurang begitu tepat, karena kurang banyak dimengerti oleh orang. Mungkin banyak orang yang bertanya- tanya maksud dari judul itu sebenarnya apa.
b. Tujuan dan pembahasan dalam kasus ini kurang legkap, dimana diketahui konsumen sangat meminati produk nokia sehingga penjualan nokia tak terkalahkan . Tetapi disini data- data yang menunjukan bahwa konsumen meminati nokia tidak ada, sehingga kita tidak dapat menyimpulkan produk nokia sangat diminati konsumen.
c. Didalam artikel ini membahas mengenai periklanan . Dari ke empat periklanan tersebut tidak disebutkan mana media yang paling efisien. Disini hanya dijelaskan alternatif media yang sedan diteliti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar