Jumat, 05 November 2010

Mensegmen Pasar Bisnis

Mensegmen Pasar Bisnis
Vita Widiya /11208266/ 3EA03


Pada umumnya, pasar mempunyai karakter dan perilaku tertentu. Sebaliknya pemasar mampu melihat perbedaan- perbedaan karakter maupun perilaku pasar yang ada. Perilaku pasar pada kenyataanya lebih bersifat heterogen. Keragaman peilaku pasar akan memerlukan barang- barang dan usaha- usaha memperoleh barang yang juga beragam. Pemasar merasa perlu mengelompokan pasar yang heterogen tersebut kedalam bagian- bagian pasar yang mempunyai perilaku lebih seragam.

Produk dapat dirancang sesuai dengan segmentasi pasarasing segmen pasar yang berbeda. Dengan karakter dan perilaku yang lebih homogen, masing- masing segmen pasar dapat dipenuhi kebutuhannya lebih baik. Dengan kata lain, masing- masing kelompok pasar dipenuhi oleh produk dan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhannya. Perusahaanpun akan lebih kompeten dalam melayani kebutuhan masing- masing segmen pasar atau hanya beberapa kelompok pasar saja yang jelas perbedaannya. Proses pembagian pasar ini dikenal sebagai segmentasi pasar (Market Segmentation).

Segmentasi pasar adalah proses membagi- membagi pasar yang semula berperilaku heterogen menjadi beberapa kelompok pasar yang sekarang lebih berperilaku seragam. Atau proses mengelompokan bagian- bagian pasar yang berperilaku sama dari keseluruhan perilaku pasar yang seragam. Secara umum, tujuan segmentasi pasar adalah untuk memperoleh bagian pasar yang mempunyai karakter dan perilaku yang lebih seragam.

Basis segmentasi pasar terdiri dari :
a) Basis segmentasi pasar konsumen
Basis segmentasi (pembagian) pasar bagi produk perusahaan satu dengan yang lain belum tentu sama. Basis segmentasi pasar untuk konsumen yang paling umum dapat digunakan adalah aspek geografis, aspek demografis, psikografis, dan perilaku.
b) Basis segmentasi pasar industrial
Basis pasar untuk industrial adalah aspek geografis, demografis, karakteristik operasional, pendekatan pembelian, faktor situasinal, dan karakteristik- karakteristik personal.

Dalam segmentasi mempunyai beberapa langkah yaitu identifikasi basis segmentsi pasar, mengumpulkan informasi pasar, mengembangkan komposisi profil segmen, penetapan konsekuensi pemasaran, estimasi masing- masing potensi segmen pasar, analisis peluang bisnis, dan penetapan penguasaan pasar.

Segmentasi pasar diperlukan karena :
1. Perusahaan dapat lebih baik memahami perilaku segmen- segmen yang lebih homogen sehingga dapat lebih baik dalam melayani kebutuhan- kebutuhan mereka.
2. Apabila pasar terlalu luas dan perilaku sangat beragam, perusahaan dapat memilih satu atau beberapa segmen pasar saja. Sehingga kapasitas pasar dapat lebih sesuai dengan luas segmen- segmen pasar yang terbentuk.

Segmentasi pasar bukanlah pekerjaan yang mudah. Apabila segmen- segmen pasar yang terbentuk masing- masing atau sebagian besar tida memberikan keuntungan dari perbedaan tersebut, maka usaha ini tidak bermanfaat. Artinya hanyalah segmen- segmen yang meberikan peluang untuk keuntungan rancangan tersebut bermanfaat. Selain itu, kriteria dasar pembagian pasar perlu dinyatakan secara jelas dan nyata sehingga perbedaannya pun lebih jelas.



Sumber :
 http://id.wikipedia.org/wiki/Segmentasi Pasar
 Markin, Rom, Marketing, Strategy and Management, John Wiley, 1982

1 komentar:

  1. Pigeon Casinos & Online Gambling Sites
    The Pigeon slots 위닉스 먹튀 are a great way 바카라프로그램 to experience the 바카라 게임 사이트 casino game you 오즈포탈 want with free spins bonuses, instant deposits 먹튀 커뮤니티 and withdrawals, and the ongoing

    BalasHapus